logo sipatexLewat tetangga kenalan orang tua – Ko Liem – akhirnya saya dipanggil dan diterima di PT. Sipatex ini di bagian Import dan ditempatkan dikantornya di jalan Putri Bandung sedang pabriknya ada di Kabupaten Bandung di daerah Majalaya.

Jadi setelah saya lepas dari Javanesian Rattan Indo sebagai tenaga Export maka disini saya memulai mengamalkan ilmu mempraktekan Import. Dua ilmu sudah saya peroleh kini, yaitu Export dan Import.

Diperusahaan inipula bersama rekan kerja – Alwi – selain menangani Import, kamipun diberi tugas untuk menangani Pajak untuk Restitusi Pajak Pertambahan Nilai dan Bea Masuk. Maka kini tiga ilmu saya dapatkan. Export , Import dan Pajak. Hasil kursus ternyata tidak sia-sia.

Sedikit gambaran kenapa harus restitusi PPNBM. Yaitu sewaktu kita Import barang (membeli barang dari Luar Negeri) kita membayar PPn dan BM ke Negara. Kemudian barang itu kita jual kembali keluar negeri. Disinilah kita meminta kembali atas Pajak dan Bea masuk yang sudah kita bayarkan. Untuk Pajak diajukan ke Departemen Perpajakan sedang Bea Masuk ke Departemen Bea dan Cukai. Itu sedikit gambaran.

sipatex on facebookKembali ke Sipatex. Ditempat ini saya bekerja kurang lebih dua tahun. Tahun pertama bekerja saya naik lima puluh ribu dari semula 125 menjadi 175, namun ditahun kedua saya menerima 200 atau naik 25 ribu dengan kata lain turun. Sungguh hal yang aneh. Jelas tidak saya terima. Ditambah kini gaji pacar saya melebihi saya. Sementara kerjaan saya bertambah yang semula hanya Import saja kini harus menangani Restitusi yang mendatangkan duit. Maka pada saat itupula – saat menerima gaji – saya mengajukan berhenti bekerja.

Hebohlah kantor atas keputusan saya ini. Dan karena saya masuk dengan baik maka sayapun ingin keluar dengan baik. Saya tetap dengan keputusan tetap keluar walau ditahan. Walaupun saya belum mendapatkan gantinya. Itu perkara mudah. Saya yakinkan Pacar saya bahwa diperusahaan lain saya bisa dapat dua kali lipatnya atau empat ratus ribu. Saya beri Sipatex untuk mencari Pengganti saya selama waktu dua minggu. Setelah itu saya keluar. Karena mengundurkan diri maka saya tidak dapat uang pesangon. Bahkan saya hanya dibayar gaji kerja dua minggu. Semakin saya tidak respect, bukan terhadap pemiliknya tapi kepada Managernya. Untuk Pemilik, dia tidak tahu menahu soal ini, sampai pernah mereka melihat saya di Lippo Bank dan berkata kepada Sopir, “itu kan Pegawai saya”. Supir bilang,”Iya. Sekarang sudah keluar !”.

Untuk Pacar saya yang selama ini Kita selalu makan siang bareng. Mulai besok kita tidak melakukannya lagi . dan tentu ini akan mendatangkan sebuah Kerinduan. Jangan khawatir, saya akan berusaha menjemputmu sepulang kerja. Dan mungkin bisa kita alihkan ke makan malam bersama. I love You…………………

ningAl dAftAr pErusAhAAn InduStri UIH KAPAYUN

GOTO PT JAVANESIAN RATTAN INDO
GOTO PT JAVANESIAN RATTAN INDO
GOTO PT MELVIN TEXTILES

GOTO ANOTHERS WORKS
GOTO PT MELVIN TEXTILES